14 April 2010

Upaya Penambahan Kuota Haji

Jakarta(Pinmas)--Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) mendukung sepenuhnya upaya pemerintah melalui Menteri Agama, Suryadharma Ali, untuk meminta tambahan kuota haji kepada Kerajaan Arab Saudi. Ini ditegaskan Ketua Umum AMPHURI, Fuad Hasan Masyhur, kepada wartawan di Jakarta.
``Kami sangat merespon usaha Menteri Agama dalam hal mengadakan pendekatan dengan pemerintah Arab Saudi dengan diajukannya kuota tersebut,`` katanya.
Hingga saat ini, daftar tunggu (nomor porsi) penyelenggara haji khusus sudah mencapai 73.000. Dengan adanya permohonan Menteri Agama kepada pemerintah Arab Saudi, mudah-mudahan masyarakat yang memakai fasilitas haji khusus memperoleh kabar gembira. รข��Mudah mudahan semua yang mendaftar tahun ini dapat terakomodir,`` harap Fuad.
Terkait kenaikan biaya, Fuad menyatakan, itu tidak menjadi masalah karena masyarakat Indonesia sudah dewasa dan bisa memahami. Apalagi untuk melaksanakan ibadah haji. Tentunya para jemaah haji plus harus siap, dengan berbagai biaya yang ada di Tanah Air maupun di Arab Saudi. ``Dari tahun ke tahun, memang terus meningkat,`` jelasnya.
Dikatakannya, tahun ini jemaah yang berangkat melalui anggota Amphuri meningkat 20 hingga 30 persen dibandingkan tahun lalu. ``Maka di sinilah harapan kami. Apa yang diusahakan Menteri Agama akan berhasil. Kalau usaha ini berhasil, tentunya akan mengurangi jadwal antrian yang sangat panjang sebab, daftar tunggu untuk haji regular saja sudah 5 tahun, haji khusus 2 tahun,`` jelasnya Fuad.
``Hari ini (Senin-12/4) kita mendengar, Menteri Agama RI meminta penambahan kuota 25.000. ``Ini buat saya hal yang sungguh luar biasa. Makanya kami sangat berterima kasih. Kami berharap, mudah mudahan upaya permohonan penambahan kuota yang diajukan Bapak Suryadharma Ali selaku Menteri Agama RI kepada pemerintah Arab Saudi, dapat terpenuhi dan kami siap membantu,`` tegas Fuad.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar