14 April 2010

Pondokan Haji Tahun ini Diupayakan Semakin Dekat

Jakarta(Pinmas)--Pemerintah melalui Kementerian Agama berupaya agar jarak pondokan jamaah haji di Mekah dengan Masjidil Haram tahun 2010 ini semakin dekat. ``Kalau tahun lalu jarak terjauh masih sekitar tujuh kilometer, kami upayakan jarak terjauh untuk tahun ini adalah 4000 meter dari Masjidil Haram,`` tandas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah kementerian Agama, Slamet Riyanto pada Evaluasi Haji di Jakarta, Kamis malam (5/2).
Sementara untuk pondokan di Madinah, menurut
Slamet, jika tahun lalu 83 persen berada di wilayah Markaziah, maka untuk tahun ini diupayakan mencapai 90 persen pondokan jamaah berada di wilayah Markaziah. ``Dari pengalaman tahun lalu, memang yang terpenting adfalah sosialisasi soal jarak ;pondokan ini pada jamaah, harusbenar-benar tersosialisasikan,`` tegasnya didampingi Sekretaris Dirjen Haji, Abdul Ghafur Djawahir, Kapuspinmas Masyhuri dan Kabid Haji di Saudi M Syairozi Dimyathi.
Diakui Slamet bahwa persoalan akomodasi dan pondokan jamaah merupakan titik krusial permasalahan seputar penyelenggaraan haji. ``Untuk pelayanan kesehatan, tahun ini juga akan lebih baik. Sementara untuk masalah konsumsi, kami tengah kaji kembali apakah masih mempertahankan parasmanan atau kemasan dalam box. Ini juga masukan-masukan dari para jamaah,``tandas Slamet.(rep/osa/ts)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar