07 Juni 2010

Kongres Nasional Tokoh Agama III

Jakarta (Pinmas)--Kementerian Agama kembali akan menyelenggarakan Kongres Nasional Tokoh Agama IIIyang akan berlangsung, 9-11 Juni 2010, di Hotel Mercure Convention Centre Ancol, diikuti oleh 249 orang tokoh dan pemuka agama dari 33 Provinsi di seluruh Indonesia.
Peserta adalah tokoh-tokoh agama dari majelis-majelis agama seperti MUI, KWI, PGI, PHDI, WALUBI dan MATAKIN, serta dari Ormas-ormas keagamaan seperti NU, Muhammadiyah, Al Wasliyah, Nahdatul Wathan, dan Al Khairat. Hal itu diungkapkan Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Abdul Fatah, di Jakarta, Senin (7/6).
Menurut Abdul Fatah, tujuan diselenggarakannya kongres tokoh agama ini untuk meningkatkan silaturahim para pemuka agama dalam menyikapi persoalan kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan secara bersama-sama. Termasuk membangun komitmen bersama pemuka agama untuk memperjuangkan perubahan mendasar dalam rangka memperkokoh etika kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Tujuan lainnya, kata Abdul Fatah, memberikan sumbang saran tentang perbaikan lembaga dan pranata kemasyarakatan sehingga lebih mampu mendorong ke arah perbaikan-perbaikan yang mendasar.
Abdul Fatah menambahkan, materi bahasan dalam kongres ini, antara lain, sumbangan agama dalam memantapkan etika hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara; agama, budaya, dan pendidikan karakter bangsa; agama dan penciptaan sistem ekonomi yang berpihak kepada rakyat; dan eksplorasi nilai-nilai agama dalam membangun kembali kepercayaan publik dalam perspektif masing-masing agama.
Dijadwalkan Menteri Agama Suryadharma Ali akan membuka kongres nasional tokoh agama III ini, dengan menampilkan nara sumber antara lain Prof. DR. M. Mahfud MD, Prof. DR. Franz-Magnis Suseno SJ, Bahrul Hayat, Ph.D, Prof. DR. H.A.R. Tilaar, DR. I Putu Gede Ary Sutha, DR. Mustafa Edwin Nasution, dan sejumlah tokoh agama lainnya.
Tema kongres umat beragama III adalah "Kongres Umat Beragama untuk Memantapkan Etika Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara."
Kapus Kerukunan Umat Beragama Abdul Fatah mengharapkan, kongres ini dapat mendorong para tokoh agama tampil kembali di depan untuk melakukan peran penting dalam mensupport perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih mencerahkan. "Ini sangatpenting, karena upaya penanggulangan berbagai krisisi haruslah bertitik tolak dari reformasi moral para pemimpin secara menyeluruh, termasuk pemimpin umat, pemimpin lembaga agama dan lembaga pemerintah," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar